Home » , , » Wisata Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

Wisata Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi


Wisata Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

Banyuwangi memang dikenal dengan pantainya. Banyak wisata pantai yang terhampar di kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini, seperti pantai Pancer, Watu Dodol, Red Island dan G-land. Akan tetapi tahukah Anda, dari sekian banyak pantai di kabupaten Banyuwangi, ada satu pantai yang tidak boleh dilewatkan, yaitu pantai Teluk Hijau.

Deburan ombak menghantam batu karang, lirihnya daun-daun pepohonan yang jatuh, bunyi gemiricik atmosphere terjun dan semilir angin laut yang segar adalah ciri khas eksotisme pantai Teluk Hijau. Warna atmosphere yang bening kehijauan, tak lagi menyingkap ikan-ikan dan karang di bawahnya, perpaduan antara pasir putih dan rimbunnya pepohonan menjadikan pantai ini benar-benar layaknya dikunjungi, perjalanan keras nan panjangpun akan terbayar lunas ketika melihat pesonanya.

Pantai Teluk Hijau sendiri berada di Desa Sarongan Kecamtan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, 90 KM ke arah selatan dari pusat kota Banyuwangi dan 105 KM kearah timur dari pusat kota Jember. Lokasinya  berada dalam lingkungan Taman Nasional Meru Betiri, sehingga untuk memasuki kawasan pantai ini joke harus melewati pintu loket utama Taman Nasional Meru Betiri.

Berdasarkan information yang berhasil dihimpun beritajatim.com dari dinas pariwisata kabupaten Banyuwangi menyebutkan, para wisatawan yang berkunjung ke Teluk Hijau perhari tidak kurang dari 300 orang, lebih –lebih di hari libur. Adapun di sepanjang tahun 2014 kemarin, tercatat ada 49.749 wisatawan domestik dan 56 wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Baca juga tempat wisata yang dimiliki Indonesia

Wisata ke Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata ke Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Wisata The Coral Triangle, Kepulauan Togean Sulawesi

Wisata Danau Poso Sulawesi Tengah

Wisata Danau Limboto di Gorontalo

Wisata Danau Air Asin Napabale Sulawesi Tenggara

Wisata Keindahan Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara


Salah satu pengunjung, Sandy (23) mengatakan, berkunjung ke pantai Teluk Hijau tak ubahnya berkunjung ke surganya Banyuwangi. Alasannya karena dari pantai ini keindahan, keaslian, dan kealamian dapat dirasakan selain itu pantai Teluk Hijau tergolong pantai yang masih perawan, karena baru tahun ini banyak dikunjungi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang suka travelling layaknya backpacker, segera datang ke Banyuwangi dan siapkan mata Anda dimanja pesona kecantikan pantai Teluk Hijau.

Jika tidak mengendarai engine atau mobil pribadi, Teluk Hijau bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Ada train Damri yang melayani hingga ke depot Sarongan. Setelah itu bisa berjalan kaki hingga ke Teluk Hijau.

Atau jika tidak ingin kendaraan terbentur jalan berbatu, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan langsung dari Pulau Merah. Sewanya pulang balik sekitar Rp 1 juta. Perahu nelayan ini dilengkapi pelampung pengaman dan lazimnya akan dibarengi petugas penjaga pantai untuk memastikan keamanan selama menyusuri Pantai Selatan yang dikenal punya ombak tinggi.

Bagi wisatawan yang sudah tiba di pantai Sukamade, juga bisa naik perahu jukung nelayan untuk sampai ke Teluk Hijau. Dengan cara ini wisatawan tidak perlu capek berjalan kaki menempuh tebing terjal.

Perjalanan dengan perahu junung ini memakan waktu sekitar 25 menit. Wisatawan akan diajak mengarungi tepian Laut Selatan dan melihat indahnya tebing sepanjang perjalanan
Loading...